Rabu, 22 Maret 2017

Review Steelseries Siberia V3 Prism: Secantik Suaranya!

Steelseries Siberia V3 Prism

Tidak mudah mencari Headphone Gaming berkualitas yang harganya murah. Biasanya kualitas selalu bersinergi dengan harganya. Barang elektronik kualitas tinggi harganya pasti ikut tinggi juga. Namun, terkadang muncul anomali bila berhadapan dengan dunia elektronik, contohnya Steelseries Siberia V3 Prism.

Apa yang membuat Steelseries Siberia V3 Prism begitu istimewa bila dibandingkan dengan headphone gaming lain? Kalau boleh disingkat saja penjelasannya; walaupun menurut kami hal itu tidak menghormati kualitas terpendam dalam Headphone ini, Steelseries Siberia V3 Prism memiliki kualitas suara jauh di atas produk sejenis dengan harga sama. Anda mulai tertarik? Temukan kelebihan dan kekurangannya seraya kami ajak Anda menguak misteri yang disimpan dalam Steelseries Siberia V3 Prism.

Ringan dan Cantik

Jangan nilai buku hanya dari sampulnya. Pepatah tua itu mungkin benar bila berhubungan dengan menilai sifat manusia. Akan tetapi, tampilan luar Steelseries Siberia V3 Prism begitu cantik sehingga Anda bisa tertarik memilikinya hanya dari sudut pandang itu saja. Tampilan dominan dari Steelseries Siberia V3 Prism terletak pada lampu penghias driver headphone dan headband kulit seakan melayang kalau tidak karena tali hitam penghubung ke drivernya.
Bahannya mungkin sekilas terlihat seperti plastik biasa. Apalagi headband plastik yang berada di atas headband kulitnya. Ternyata kekuatan dari headband plastik tersebut cukup memadai. Ia mampu melebar guna menyesuaikan dengan ukuran kepala Anda. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot mengatur ketinggian headband kulit. Sebab, ia secara otomatis akan menyesuaikan diri supaya pas di kepala Anda! Cukup tekan hingga kepala Anda pas dan ia akan terus berada di posisi itu.
Berat Steelseries Siberia V3 Prism menjadi salah satu kelebihan utamanya. Anda dapat mengangkatnya dengan ringan. Tentu saja, Steelseries Siberia V3 Prism hanya berbobot 290 gram saja! Mungkin pengaruh berat tersebut yang langsung terasa ketika digunakan. Berkat beratnya yang ringan, headphone ini tidak menyakiti kuping atau sisi kepala Anda. Apalagi ia didukung earbud nyaman yang terbuat dari kulit serta empuk.
Headband terbuat dari kulit dan dapat memanjangkan diri dengan bantuan benang yang elastis.
Kecantikan cahaya dari driver ketika Steelseries Siberia V3 Prism digunakan menjadi primadona yang pastinya akan membuat orang lain iri. Hanya dengan men-download driver dari website resminya; steelseries.com/engine – Anda langsung dapat mengatur banyak hal dari headphone ini. Pencahayaan di driver dapat diatur sesuka hati Anda dan pilihannya tidak tanggung-tanggung; lebih dari 16 juta warna! Anda dapat mengaturnya untuk berkedip konstan atau pola lain yang dapat Anda download dari websitenya.
Kecantikan yang terpancar dari cahaya indah tersebut tentunya akan membuat Anda menonjol dibandingkan gamer lain yang mungkin hanya punya keyboard atau mouse bercahaya saja. Bila Anda tidak mau repot membawa file kustomisasi cahaya yang telah dibuat, ia dapat di-upload dan digunakan di mana saja menggunakan feature Cloudsync.
Batang Mic terbuat dari besi yang fleksibel sehingga ia bisa dibentuk sesuka hati.
Bass merupakan komponen utama ketika berbicara mengenai headphone gaming. Bermain game memiliki kaitan yang erat dengan ledakan; selalu ada ledakan di game action apapun. Guna memaksimalkan efek ledakan, apalagi supaya ia terasa nyata bagi pemainnya, maka Bass memegang peranan penting. Steelseries Siberia V3 Prism mampu menghasilkan Bass dengan akurasi yang tinggi. Namun, tidak sampai bergetar layaknya beberapa produk headphone gaming lain. Namun, bila Anda menggunakannya untuk mendengarkan musik, maka tingkat Bass ini sangat unggul.
Suara Mid menjadi elemen penting bila berhubungan dengan vokal atau suara manusia yang Anda dengarkan. Steelseries Siberia V3 Prism menghasilkan suara Mid yang jernih – sangat jernih malahan. Getaran suara vokalis terdengar dengan akurat, bahkan ketika dibandingkan dengan grafik yang dihasilkan Spectrogram sekalipun! Bukan itu saja, secara mengejutkan Steelseries Siberia V3 Prism mampu mengeluarkan beberapa suara background yang sulit direproduksi, terutama karena terhalangi oleh suara dominan vokalis dan instrumen utama!
Treble juga bukan hal yang sulit dihasilkan Steelseries Siberia V3 Prism. Ia dengan mudah memperdengarkan suara tinggi yang mampu menggetarkan hati pendengarnya dan membuat merinding. Ditambah lagi Steelseries Siberia V3 Prism juga memiliki sensitivity yang baik. Drivernya mampu menghasilkan suara keras yang mendadak muncul dari sunyi tanpa merusak kualitasnya dengan getaran berlebih di driver.
Isolasi suara luar bisa dibilang lumayan. Walaupun tidak total mengisolasi seperti yang mampu dihasilkan teknologi noise canceller dari beberapa headphone kenamaan, tetapi ia patut mendapatkan acungan jempol. Kami mencobanya dengan menempatkan diri di tengah debat yang biasa terjadi di kantor. Suara keras berhasil disaring dengan baik dan lagu yang didengar dapat direproduksi dengan mulus.
Cahaya menyala dari kedua sisi headphone untuk memberi tahu orang lain betapa kerennya Headphone ini.
Bagaimana dengan kualitas Microphone-nya? Headphone tanpa Mic sulit diakui ke dalam kelas gaming. Mic pada Steelseries Siberia V3 Prism tersimpan rapi di dalam driver kirinya. Ia dapat ditarik keluar dan memiliki tubuh yang fleksibel. Bahkan, Anda dapat menekuknya sesuka hati seperti yang kami lakukan dengan membuatnya menjadi huruf S dan W. Anda dapat menemukan teknologi noise filter pada Mic tersebut, supaya suara yang Anda hasilkan dapat terdengar baik oleh pemain lain. Namun, untuk menghasilkan suara yang baik, ada baiknya Anda perlu mengatur volume Mic di program drivernya.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, program driver yang dapat di-download di website resmi Steelseries dapat digunakan untuk mengatur efek lampu dan volume Mic. Namun, bukan itu saja kegunaannya. Ia juga dapat digunakan untuk mengatur Equalizer suara. Selain itu, ia juga dapat menyimpan banyak profil yang dapat Anda buat dan gunakan sesuai dengan keadaan. Terlebih dengan dukungan Cloudsync, Anda tidak perlu menyimpan profil tersebut di flash drive! Cukup download saja dari Internet!

Kesimpulan

Steelseries Siberia V3 Prism meningkatkan kemampuan pendahulunya, Steelseries Siberia V3, dengan kemampuan untuk mengatur kualitas suara Mic, pencahayaan, dan menyimpan file profil di Cloudsync. Seakan semua kelemahannya terdahulu dipangkas habis dengan seri Prism ini. Lalu berapa harga yang perlu Anda bayar untuk kualitas kelas atas tersebut? Steelseries Siberia V3 Prism dibandrol dengan harga $140; padahal ia memiliki kualitas setara dengan headphone di atas harga $200!
Headphone menggunakan konektor USB untuk dihubungkan dengan PC, Mac, dan PS4!
Mungkin kelemahan utamanya adalah tidak adanya jack 3.5″, hanya USB untuk menghubungkannya dengan PC. Jadi Anda tidak dapat menambahkan amplifier tambahan; hal yang biasa dilakukan oleh antusias audio untuk memperkuat reproduksi suara dari perangkat audio mereka. Untungnya, konektor USB ini membuatnya kompatibel dengan Mac dan PS4! Cukup tusuk ke PS4 dan Anda bisa langsung menggunakannya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar